Jumat, 11 Mei 2018

PPSW BORNEO INGIN PUKM MEMILIKI TOKO VIRTUAL LEWAT PELATIHAN BLOG





























Sebagaiamana diketahui bahwa UKM di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 56 juta usaha. Dari jutaan UKM yang telah merayapi dunia kerja di Indonesia, terdapat 107 juta manusia yang telah menggantungkan hidupnya pada UKM tersebut. Melalui UKM ini masyarakat Indonesia dituntut untuk lebih kreatif. Kreatif dalam menciptakan produk hingga memasarkan produk. Banyak Pelaku UKM yang bisa berinovasi dalam menciptakan produk namun sedikit sekali yang berhasil dalam memasarkan produknya. Inilah yang menjadi persoalan besar bagi PUKM khususnya perempuan-perempuan yang minim modal.

Sekarang sudah memasuki dunia Digital. Tak sedikit orang yang kemudian bertransfomasi menjadi manusia yang syarat dengan teknologi. Hampir tak ada sekat untuk menjelajahi dunia ini. Dalam hitungan detik kita bisa mengirim pesan ke penjuru dunia sekalipun, membeli pakaian, sembako, barang elektronik sampai pesan makanan pun akhirnya sekarang sudah melalui digital. Inilah teknologi, yang mau tidak mau, suka tidak suka harus kita dekati agar tak tergerus dan tertinggal banyak hal.
Peran sosial media sangat besar saat ini dalam kehidupan masyarakat. Mulai dari sebagai tempat curhat tak jelas sampai kepada penjualan online. Inilah kesempatan yang harus digunakan sebaik mungkin bagi Pelaku Usaha sebagai sarana mengiklankan produknya. 
Demikian juga yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat PPSW BORNEO yang memiliki binaan Perempuan-perempuan pelaku usaha kecil menengah di beberapa Kabupate dan Kota. Untuk meningkatkan kemampuan binaannya dalam UMKM, PPSW BORNEO menghelat suatu kegiatan Pelatihan Kualitas Produk PUKM Makanan dan Kerajinan pada tanggal 10 dann 11 Mei 2018 di RM.Beringin. Kegiatan selama 2 hari ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhka oleh para PUKM tersebut. Salah satunya adalah Materi tentang Strategi Pemasaran Produk PUKM Produk Makanan dan Kerajinan Secara Online di Media Sosial.
REST memiliki kesempatan untuk mengisi pada materi ini dengan melatih ibu-ibu yang hadir pada saat itu utuk membuat Blog yang nantinya Blog tersebut akan digunakan sebagai Toko Virtual mereka. Pelatihan ini tentunya tidak cukup hanya 3 jam saja dan 1 kali pertemuan. Setelah pelatihan ini, ibu-ibu akan medapatkan bimbingan teknis dari REST dalam mengelola BLOG tersebut agar sesuai dengan harapan setiap sabtu jam 14.00 di Balai Kopi Muzzaki.
Ibu-ibu mengikuti dengan sangat antusias. Walaupun harus pelan-pelan namun akhirnya beberapa BLOG jadi. Waktu 3 jam itu hanya cukup untuk megajarkan cara membuat dan memperkenalkan beberapa fitur yang ada didalamnya saja. Untuk proses editing akan dilakukan di bimbingan teknis nanti.
Semangat ya Ibu-ibu ! Belajar sepanjang hayat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar