Selasa, 10 April 2018

Aksi ShareYang Baik Jilid 2


 Saat ini literasi media bukan lagi milik jurnalis dan pemerintah saja. Seiring dengan meningkatnya arus informasi dan teknologi yg dipresentasikan dengan semakin maraknya penggunaan sosial media di masyarakat dan semkin tingginya pengguna android yang saat ini tidak hanya oleh mereka kalangan intelektual namun sudah merambah sampai ke Ibu Rumah Tangga sehingga informasi cepat sekali d akses. Disinilah diperlukan kemampuan berliterasi untuk semua kalangan dan lapisan.

Salah satu cara untuk meningkatkan awareness media literasi adalah melalui komunikasi keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil tempat bersosialisasi. Peran ini terutama akan banyak diambil oleh Ibu Rumah Tangga. Mendidik ibu rumah tangga  untuk “melek” media penting untuk dilakukan agar bisa membuka wawasan mereka tentang hak masyarakat terhadap media, bentuk-bentuk literasi, dan fungsi media bagi kehidupan sosial. Namun, untuk mencapai hal tersebut ibu rumah tangga perlu didampingi dalam berliterasi. 

Blogger Perempuan Pontianak ( BP2 ) mengambil langkah dengan mengedukasi para perempuan khususnya IRT untuk menulis bersama dan dipresentasikan dalam bentuk blog. Kenapa Blog ? Karena Blog adalah wadah yang rapi untuk menyimpan dokumen tulisan. Selain itu juga, ingin mengajak para perempuan untuk mulai membuat sejarah dirinya yang kemudian akan menjadi jejak digital untuk diwariskan ke generasi penerus kelak. Dengan semakin tingginya kemampuan perempuan untuk bisa dan mau menulis maka akan bisa mengurangi HOAX  yang tersebar di Media Sosial. Adakah relevansinya ? Jelas ada. Lambat laun mereka akan senang memproduksi tulisan sendiri dibanding ngeshare tulisan orang lain. Itu artinya, kemampuan dalam menyerap informasi, membaca dan melihat fenomena yang ada akan semakin tinggi. Tentunya berita-berita bohong itu akan segera ditinggalkan dan beralih ke penulisan berkualitas dan bacaan yang berkualitas. Tentu ini akan berproses. Untuk itu edukasi ini akan dilaksanakan secara kontinyu.

Mengajarkan Perempuan untuk ngeblog bukanlah perkara gampang, apalagi bagi mereka yang memang belum terbiasa dengan bahasa-bahasa javascrip di Blog itu sendiri. BP2 memberikan pelatihan membuat Blog ini secara gratis untuk para Perempuan dari semua status sosial dan profesi. Mulai dari membuat akun gmail sampai tahap sign up blog dan edit HTML nya. Memerlukan waktu yang tidak sebentar. BP2 mengadakan pelatihan Blog untuk pemula ini setiap pekan di Balai Kopi Muzzaki, Jalan Ali Anyang. Di awal-awal bisa 3 kali dalam seminggu. Tapi saat peserta sudah bisa mandiri, pertemuan dilaksanakan 1 kali dalam seminggu. Tidak hanya ngeBlog saja, tapi diselingi dengan Pelatihan Menulis Dengan Cara Bahagia yang di tutori oleh Bung Beni Sulastiyo. Ini adalah kerja kolaborasi. Dengan niat yang sama yaitu untuk meningkatkan kemampuan berliterasi masyarakat agar semakin baik. 

Pelatihan-pelatihan yang dibuat ini merupakan kampanye #shareyangbaik juga agar BP2 bisa berinergis dengan teman-teman Jurnalis yang juga sedang gencar-gencarnya mengedukasi STOP HOAX. Seperti yang dilakukan pada Ahad tanggal 11 Maret 2018 di Car Free Day, BP2 ikut mensukseskan acara yang dihelat oleh Jurnalis Perempuan Khatulistiwa itu. Mendapat kesempatan untuk berorasi singkat dihadapan masyarakat tentunya momen ini dijadikan kesempatan yang baik untu mengajak agar Bersosmed yang bijak dan NgeBlog bareng.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar