Jumat, 21 Juli 2023

BPN Memberikan Perhatian Khusus Kepada Kelompok-kelompok Usaha Kecil di Banjar Serasan Dengan Kegiatan Pendampingan Kewirausahaan

 

Kegiatan yang dihelat pada tanggal 12 Juli 2023 bertempat di Kantor Camat Pontianak Timur ini diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kota Pontianak yang diikuti kurang lebih 100 orang peserta yang berasal dari Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang memiliki usaha kecil di Kelurahan Banjar Serasan. Saya salah  satu peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPN yang telah memfailitasi kami dan membekali kami ilmu yang bermanfaat ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan pendampingan usaha dengan menghadirkan dua orang naraumber yang expert yaitu Bapak  Suwandy Djapri, B.Bit, M.IT, Hons, Cert.Tesol seorang Trainer, Mentor, Coach Wirausahawan dan Motivator  dan Bapak Edi Suprianto, SE seorang Dosen Kewirausahaan dan E-Business, Pendamping Proses Produk Halal, Fasilitator Nasional BPOM, Fasilitator Kementriaan KOMINFO RI, Pendamping UMKM dan masih banyak lagi keahlian beliau. Kegiatan ini merupakan rangkaian Program Penerima Akses Reforma Agraria dari Badan Pertanahan Kota Pontianak.

Penghangat acara dibuka olah Ko Wandy, sapaan akrab beliau dengan Membuka mindset peserta dengan motivasi positif yaitu menggiring peserta untuk bisa menjadi pengusaha hebat dan sukses. Beliau banyak menceritakan pengalaman beliau tentang rintisan usaha yang saat ini dijalankannya bersama teman-temannya yang sekarang kita mungkin familiar dengan NILA KUMPAI. Sharing pengalaman yang bisa menambah keyakinan oleh kami yang baru mau merintis usaha, bahwa tidak ada yang gak mungkin kalo diniatkan dengan sungguh-sungguh. Narasumber ke dua oleh Bapak Edy yang lebih banyak  bicara tentang Revolusi Prilaku Konsumen. Yang saat ini Pasar sudah didominasi oleh Teknologi. Produsen dan Konsumen sama-sama sudah menjadikan Teknolog Digital sebagai platform untuk bertransaksi untuk itu peserta juga harus menambah ilmu dan wawasan  dalam pergerakan ekonomi dan usahanya. Strategi Pemasaran di Era Digital ini minimal 6 prilaku yang harus diterapkan kata beliau, yaitu :

1.      1.  Fokus Pada Nilai, Fokus pada memberikan nilai tambah kepada konsumen melalui produk

2.       2. Pemasaran Melalui Medsos, Memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan produk

3.       3. E-Commerce, Memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produk secara online

4.       4. Membangun Kemitraan

5.       5. Storytelling Merek

6.       6. Pemasaran Pengalaman

Dalam acara ini, BPN juga memfasilitasi peserta yang belum memiliki kelompok-kelompok usaha. Kelompok usaha ini sangat penting untk mempercepat revitalisasi ekonomi di Banjar Serasan agar semua uni-unit usaha kecil terpantau pergerakannya dan untuk mendapatkan program dan pendampingan usaha dari pemerintah lebih mudah. Sebagai penutup acara. Bapak Edy memberikan sebuah pertanyaan yang bisa membangkitkan pemikiran para peserta yang ada termasuk saya, yaitu Kenapa Potensi Banjar Serasan Tidak Dapat ditemui GOOGLE ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar